Pusat Pembibitan Cabe Blitar Karang Anyar Desa Gembongan Ponggok

Pembibitan cabe Blitar - Sentar pertanian cabe dan Pusat Pembibitan Cabe Karang Anyar Desa Gembongan Ponggok Blitar Jawa Timur 085802663978. Desa karang anyar yang berbatasan langsung dengan kota Kediri ini memang sudah menjadi pusat pertanian dan pembibitan cabe sejak tahun 2000.

Pembibitan cabe di sini awalnya masih sedikit karena dianggap usaha yang biasa saja. Namun seiring berjalanya waktu, permintaan pasar akan cabe dan bibit cabe semakin banyak dan semakin meningkat setiap tahun. Ahirnya petani pembibitanpun semakin kewalahan mencukupi kebutuhan pasar yang mengakibatkan diperluasnya area pembibitan di wilayah tersebut.

Informasi terahir yang kami dapat pada tahun 2017 ini, sedikitnya sudah 5 kota di Jawa Timur yang mengandalkan pembibitan cabe dari Karang Anyar ini. Diantara kota kota yang mengandalkan bibit cabe dari sini adalah

  1. Blitar
  2. Kediri
  3. Tulungagung
  4. Jombang dan
  5. Malang
Pembibitan Cabe Blitar

Perkembangan Petani Bibit Cabe

Awal tahun 2005 pembibitan baru berkisar 5 sampai 7 kepala keluarga saja. Lambat laun semakin berkembang dan menular ke lingkungan disekitarnya. hingga sampai saat ini sedikitnya sudah 20 keluarga yang menggeluti pembibitan cabe ini.

Dampak Ekonomi

Walau keuntungan yang dihasilkan tidak begitu besar, Namun usaha ini sudah berhasil mengangkat perekonomian warga Karang Anyar dan sekitarnya yang ikut mengembangkan usaha ini. Kalau 1 keluarga bisa mensuplai 2000 bibit sampai 5000 bibit cabe per bulan, berarti bisa dipastikan sudah mendapatkan keuntungan hingga 2 juta rata rata per bulanya.

Harga dan Permintaan Pasar

Kebutuhan masyarakat akan Cabe terus meningkat, Petani mau tidak mau terus berusaha menanam agar kebutuhan tercukupi. Harga saat ini disaat normal saja sudah menyentuh angka 40 ribu per kilo gram. Kalau saat mahal bisa mencapai di atas 100 ribu per kilonya.